Aromaterapi

Terapi Obesitas Dengan Essential Oil


Minyak atsiri dapat menjadi bantuan alami untuk penurunan dan pemeliharaan berat badan. Mereka dapat memiliki dampak yang sangat positif pada upaya penurunan berat badan ketika dikombinasikan dengan diet sehat dan gaya hidup seperti diet Paleo. Beberapa minyak esensial benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan dengan membantu melelehkan lemak dan dengan membantu tubuh membawa lebih sedikit racun.

Beberapa minyak atsiri dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, mengurangi retensi cairan dan membantu mengurangi stres emosional dan stres saat makan. Minyak atsiri tersebut adalah:

A. Minyak esensial grapefruit: (mencegah kembung, retensi air dan melarutkan lemak)

Grapefruit adalah salah satu minyak atsiri terbaik untuk menurunkan berat badan karena d-limonene yang ditemukan dalam grapefruit ini dapat membantu melepaskan asam lemak ke dalam aliran darah di mana tubuh memecahnya dan menggunakannya untuk energi. Sebuah studi yang dilakukan pada efek perlindungan dari d-limonene pada hewan menunjukkan bahwa itu membantu mengurangi berat badan dengan mengurangi peroksidasi lipid (kerusakan oksidatif) dan menurunkan kolesterol.

Grapefruit essential oil telah lama digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan seperti stimulan metabolisme, detoksifikasi sistem limfatik, dan pembakaran lemak. Ini dikemas dengan Vitamin C dan antioksidan Lycopene yang kuat yang membantu mendetoksifikasi dan membersihkan sistem limfatik. Keracunan dalam tubuh menciptakan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Tubuh kita menyimpan racun dalam lemak berlebih ketika tidak tahu cara melepaskannya dari tubuh. Minyak sitrus seperti grapefruit, lemon dan minyak atsiri jeruk bekerja sangat baik untuk melepaskan racun dari jalur metabolisme kita. Seiring dengan sifat penurunan berat badan alami, jeruk bali memiliki sifat antioksidan dan penggunaan anti-inflamasi.

Bagaimana cara menggunakannya?
1- Anda dapat membuat minuman yang menyegarkan dan menyegarkan dengan menambahkan 1-2 tetes minyak esensial grapefruit ke dalam segelas air minum harian Anda untuk menghilangkan racun dan efek pembakaran lemak terutama sebelum sarapan pagi. Ini juga meningkatkan rasa air dan makanan.
2 – Pijat setidaknya 30 menit pada area di mana lemak menumpuk dengan mencampurkan 3-5 tetes EO ke dalam 1 sendok makan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun extra virgin. Jangan dicuci selama beberapa jam.
3- Tambahkan 5 tetes minyak esensial grapefruit ke dalam bak mandi hangat Anda, gabungkan dengan 5 tetes Ginger EO, 5 tetes Bergamot EO, 5 tetes cendana dan 5 tetes minyak esensial lemon untuk mandi. Kemudian, tambahkan secangkir cuka apel ke dalamnya dan pastikan untuk menyebarkan minyak dengan tangan Anda dan rendam selama kurang lebih 30 menit

B. Minyak Esensial Peppermint: (Terbaik untuk mengidam dan pencernaan) *Tidak disarankan bagi balita dan ibu menyusui

Minyak esensial Peppermint memiliki manfaat penurunan berat badan yang unik. Hal ini bagus untuk mengurangi nafsu makan dan membantu menekan libido (hasrat seksual). Perasaan kenyang didapat (dirasakan) karena mekanisme khusus di dalam otak. Peppermint bekerja pada bagian otak yang memicu perasaan kenyang saat Anda makan. Hal ini diyakini lebih efektif daripada aroma lain dalam menciptakan serotonin di otak yang berkaitan dengan gairah pada wewangian. Sebuah studi tentang efek aroma peppermint pada kontrol nafsu makan menegaskan bahwa para partisipan yang menghirup minyak atsiri peppermint cenderung lebih sedikit merasa lapar (tidak membangkitkan nafsu makan-pen) daripada mereka yang tidak menghirup minyak esensial peppermint.

Tambahan pula, minyak atsiri peppermint sangat bagus untuk berbagai masalah pencernaan (meredakan sakit perut). Minyak ini juga membantu dengan membasmi jamur candida yang sering mempengaruhi manajemen berat badan dan penambahan berat badan.

Minyak esensial peppermint yang dikonsumsi bersama dengan nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin C dan mineral seperti kalium, zat besi dan magnesium membantu tidak hanya dalam pemeliharaan penurunan berat badan tetapi juga memberi nutrisi pada tubuh dan meningkatkan kesehatan, in sya Allah.

Bagaimana cara menggunakannya?
1- Minyak esensial peppermint berbau menyegarkan. Anda bisa diffuse beberapa tetes minyak (diteseskan ke dalam diffuser) sebelum makan untuk mengurangi selera makan.
2- Peppermint rasanya luar biasa dan memberikan sedikit energi tambahan sebagai manfaat tambahan. Andadapat menambahkan 1 hingga 2 tetes minyak ke dalam segelas air dan minum sebelum makan untuk memiliki efek yang sama (mengurangi nafsu makan).
3 – Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes ke dalam bak mandi hangat di pagi hari untuk menekan keinginan ngemil dan memulai hari dengan penuh semangat.

C. Minyak Esensial Lemon:

Seperti minyak atsiri grapefruit, minyak lemon mengandung d-Limonene dan penuh dengan mineral dan vitamin khususnya vitamin C. Minyak esensial lemon sangat bagus untuk mengatasi parasit usus yang sering menjadi penyebab rahasia kenaikan berat badan. Minyak lemon membantu dalam penurunan berat badan dengan menangani berbagai penyakit pencernaan, menyeimbangkan metabolisme Anda dan meningkatkan tingkat energi. Minyak lemon juga membantu tubuh untuk menyeleksi racun-racun yang mungkin tersimpan dalam sel-sel lemak.

The Smell & Taste Treatment dan Research Institute of Chicago menemukan bahwa menghirup aroma minyak esensial lemon dan peppermint adalah cara yang lebih alami dan efektif untuk mengendalikan nafsu makan untuk membantu menurunkan berat badan.

Bagaimana cara menggunakannya?
1- Menggosok dan memijat minyak esensial lemon setiap hari ke area selulit membantu menghilangkan racun dan sisa makanan yang disimpan dalam sel-sel lemak. Membersihkan tubuh dari racun-racun ini akan membuatnya lebih tipis dan lebih sehat juga.
2- Minum 1 hingga 2 tetes minyak esensial lemon ke dalam air minum sebelum sarapan akan memiliki efek detoksifikasi lembut pada tubuh.
3 – Anda juga bisa menghirup atau menyemprotkan minyak esensial lemon sebelum makan.

D. Minyak Esensial Bergamot: (penambah suasana hati dan membantu mengontrol kolesterol jahat dan stres saat makan)

Minyak ini didapat dari metode pengepressan dingin (cold press) kulit buah jeruk Italia dan sangat cocok untuk meredakan stres. Sifat sedatif dari minyak esensial bergamot membuatnya sempurna untuk melawan stres terkait kenaikan berat badan dan mengendalikan stres yang dipicu oleh makanan. Minyak ini bisa lebih efektif jika Anda memamadukannya dengan minyak esensial lavender.

Minyak ini sangat efektif dalam pengendalian berat badan karena mengandung polifenol dalam jumlah sangat besar (yang juga ditemukan dalam teh hijau). Kandungan polifenol ini sangat bagus untuk oksidasi lemak (menghentikan produksi lemak darah), meningkatkan metabolisme dan mencegah penyerapan kolesterol.

Bergamot juga menghambat enzim yang terkait dengan kadar gula darah, menjadi lebih aktif ketika gula tinggi yang mendorong dekomposisi gula dan lemak.

Bagaimana cara menggunakannya?
1 – Anda dapat menaruh beberapa tetes pada sapu tangan dan menghirupnya untuk menenangkan dan bersantai ketika Anda stres dan tergoda untuk makan lebih banyak.
2 – Anda juga bisa memasukkan setetes minyak ke dalam satu sendok teh madu atau minum dalam 100ml santan untuk memiliki efek lebih menenangkan.
3 – Bergamot juga dapat digunakan untuk diterapkan atau dipijat ke kaki atau di leher dengan menambahkannya ke dalam minyak pembawa seperti minyak zaitun extra virgin atau minyak kelapa.
4 – Bergamot dapat diencerkan dalam mandi air hangat di pagi hari untuk membantu meredakan stres dan memulai hari yang menyegarkan.

E. Minyak atsiri kulit kayu manis (Cinnamon Bark):

Minyak atsiri kayu manis diyakini dapat meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Minyak ini bekerja lebih efektif sebagai pencegah kenaikan berat badan dan kurang dari rencana penurunan berat badan. Ia bekerja untuk meningkatkan efek dari semua minyak esensial penurun berat badan lainnya. Minyak ini membantu dalam memecah gula untuk penyerapan ke dalam tubuh sebagai energi, sehingga tubuh akan memiliki lebih sedikit asam lemak untuk disimpan.

Minyak Kayu manis juga dipercaya sangat efektif terhadap pembasmian candida yang mempengaruhi kenaikan berat badan. Kayu manis membantu meningkatkan sirkulasi darah, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan usus dan sindrom iritasi usus dan metabolisme yang karenanya dapat membantu dalam penurunan berat badan. Kayu manis juga dikenal karena penggunaan anti-inflamasi dan merangsang sistem kekebalan tubuh, dan bahkan meningkatkan libido.

Bagaimana cara menggunakannya?
1- Minumlah beberapa tetes minyak esensial kayu manis yang dikombinasikan dengan madu dalam satu cangkir air hangat sebelum sarapan dan pada malam hari sebelum tidur.
2- Menghirup atau menyemprotkan minyak atsiri kayu manis sebelum makan atau mencoba menambahkan 1 hingga 2 tetes minyak ke air minum dan minum sebelum setengah atau satu jam sebelum makan untuk menatur nafsu makan.

F. Minyak Atsiri Cendana (Sandalwood)

Seperti minyak esensial Bergamot, minyak atsiri cendana bekerja sangat baik untuk meredakan stres. Minyak ini membantu mengatasi perasaan dan perilaku negatif sehingga Anda tidak lagi merasa tergoda untuk makan lebih banyak untuk mengatasi stres.

Bagaimana cara menggunakannya?
1- Diffus dan hirup uapnya dengan meneteskan 1 tetes minyak esensial cendana ke dalam diffuser.
2- Tambahkan 1 atau 2 tetes dalam 1 sendok teh madu atau 100ml santan

Tip Bonus: The Smell & Taste Treatment dan Research Institute of Chicago menemukan bahwa minyak harus diganti setiap hari untuk efek terbaik. Anda dapat memvariasikan penggunaan dan mengganti minyak yang berbeda seperti lemon, grapefruit atau peppermint atau bergamot dan minyak cendana dalam kombinasi atau pemakaian yang bervariasi untuk meningkatkan pengaruh atau untuk melihat minyak atsiri apa yang paling cocok untuk Anda.

PENTING!

Saat membeli essential oil, penting untuk diperhatikan apakah itu EO asli atau sintetis. Ingat ya, EO ini akan kamu konsumsi! Jangan sampai kamu tergiur harga murah, dan malah membeli EO sintesis yang malah berbahaya bagi kesehatan. Untuk lebih amannya, kamu bisa membeli Maryam Essential Oil. Pastikan dan percayakan Essential Oil hanya di Maryam Essential Oil


Referensi:

J.A. Reed, J. Almeida, B. Wershing, B. Raudenbush. (2008). Effects of peppermint scent on appetite control and caloric intake. Elsivier. Volume 51, Issue 2, Retrieved from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0195666308003358
Ramakrishnan Murali, Arumugam Karthikeyan andRamalingam Saravanan. (2013) Basic & Clinical Pharmacology & Toxicology. Volume 112, Issue 3 Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/bcpt.12010/abstract
Dr. Edward F. (2012). The Weight Loss Benefits of Bergamot Essential Oil. Global Healing Centre. 
Retrieved from http://www.globalhealingcenter.com/natural-health/weight-loss-benefits-bergamot-essential-oil/
Cinnamon For Weight Loss http://cinnamonvogue.com/cinnamon_for_weight_loss.html
Rose, Jeanne, The Aromatherapy Book of Application and Inhalation, North Atlantic Books, 1992.
Weight Loss and Essential Oils. http://oldsouthessentialoils.com/weight-loss-and-essential-oils/
Bergamot essential oil information. http://www.essentialoils.co.za/essential-oils/bergamot.htm 
source: grassfedgirl.com

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Testimoni

dhica on Apa itu Essential Oil?

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 76 other subscribers