As Sunah, Renungan, Tarbiayah (Pendidikan), Tauhid

Serahkan Roma Pada Kami (bagian 2)


Oleh : Ust. Budi Ashari, L.C.

Heraklius Kaisar Romawi mempunyai kebiasaan kunjungan ke tanah suci Baitul Maqdis untuk melaksanakan ibadah. Dan setiap dia selesai dan hendak kembali, ia mengucapkan salam:

“Salam sejahtera untukmu, Wahai Suriah. Salam perpisahan  orang yang telah menyelesaikan keinginannya dan ia akan kembali.”

Tapi pada tahun di mana Syam dan Al Quds telah jatuh ke tangan muslimin, ia pun meninggalkan Syam. Ketika ia sampai di Ar Ruha (Kota di Pulau antara Mousul dan Syam), ia mengajak masyarakat kota itu untuk pergi meninggalkan Syam. Tapi mereka menolak dan berkata bahwa keberadaannya di kota itu lebih baik daripada pergi bersama Sang Kaisar.

Kaisar pergi tanpa masyarakat kota itu. Ketika ia sampai Syimsyat (Kota di pinggiran sungai Eufrat di ujung Armenia yang berhadapan dengan Syam). Dia naik di ketinggian kota itu dan menengok arah Baitul Maqdis sambil mengucapkan salam:

“Salam sejahtera untukmu, wahai Suriah. Keselamatan yang tiada pertemuan lagi setelahnya.”

Dia pergi ke arah Konstantinopel (Istambul, Turki). Dia tinggalkan wilayah kebesarannya di timur (Syam) untuk selamanya. Salam perpisahan yang tidak ada lagi perjumpaan setelahnya. Dan hingga hari ini, Syam adalah wilayah yang penghuninya rata-rata muslim. Romawi timur Syam telah berkahir dengan salam perpisahan sang Kaisar.

Kalau itu adalah Romawi timur yang telah berakhir peradabannya di tangan muslimin, kini Romawi barat dalam perjalanan menuju hidayahnya. Paus Benediktus XVI telah menyampaikan kalimat terakhirnya dalam misa terakhir.

Paus menyatakan bahwa keputusannya mengundurkan diri adalah demi kebaikan gereja Katolik dan dia yakin keputusannya ini tidak menyakitkan gereja.

Dan Paus berkata,

“Terus berdoa bagi saya, bagi gereja, dan bagi Paus berikutnya. Saya mengambil keputusan dalam kebebasan penuh dan untuk kebaikan gereja setelah berdoa cukup lama, dan menguji dengan hati nurani di hadapan Tuhan.”

Ya, Paus telah mengucapkan kata terakhirnya. Untuk pergi dan tak kembali lagi menjadi pemimpin tertinggi Katolik. Pengunduran diri yang mengejutkan. Dengan Vatikan dan gereja yang dirundung masalah; kemunafikan, perpecahan dan kejahatan seksual.

Ucapan selamat tinggal Paus mungkin belum ucapan selamat tinggal Roma. Tetapi akan ada masanya. Di mana pasti akan disaksikan dunia, para Paus meninggalkan Roma dan menyerahkannya kepada muslimin.

Muslimin Yang Akan Menerima Kunci Roma

Heraklius Kaisar Romawi nampaknya tak begitu mengenal kekuatan muslimin. Yang ia tahu adalah bahwa Romawi sebuah imperium besar. Tetapi ketika tidak berdaya di hadapan muslimin, jelas dia keheranan dengan kaum yang berhasil menaklukkan mereka.

Kaisar bertanya kepada salah satu stafnya yang pernah ditawan oleh muslimin. Kaisar bertanya tentang muslimin: Beritahukan kepadaku mereka itu siapa?

Staf itu menjawab,

“Saya beritahukan kepada Anda, seakan Anda bisa melihat mereka. Mereka adalah para ksatria di siang hari dan para rahib di malam hari. Mereka tidak makan sesuatu kecuali dengan harga. Mereka tidak masuk kecuali dengan keselamatan (damai). Mereka mengalahkan orang-orang yang mereka perangi sampai mereka datang untuk menguasai negeri itu.”

Mendengarkan penjelasan itu, Kaisar berkata,

“Kalau Anda benar, maka pasti mereka akan menguasai tempat berdirinya kedua kakiku ini.”

Ya, staf itu benar. Itulah kami; muslimin. Dan Kaisar pun benar, muslimin menguasai hingga tempat berdirinya kedua kaki Kaisar di Syam (16 H) bahkan setelah itu di Konstantinopel (857 H).

Sekaligus ini jawaban bagi siapapun yang bertanya; mana muslimin yang akan menerima kunci Roma. Jawaban bagi pertanyaan Roma. Bahkan jawaban bagi pertanyaan muslim yang meragukan.

Dan inilah tugas keluarga kita semua.

sumber : parentingnabawiah.com

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: