Kesehatan

Obat Hipertensi = Daun Salam


daun salam obat darah tinggiDAUN SALAM dengan nama Latin Syzygium polyanthum, atau dengan nama lokal : Gowok, (Sunda), Manting (Jawa), Kastolam (Kangean); Meselangan, Ubar Serai (Melayu); Salam (Indonesia, Sunda, Jawa, Madura, Ambon); Indonesian bayleaf , Indonesian Laurel, Indian bayleaf (Inggris), Indonesische Lorbeerblatt atau Salamblatt (Jerman).

Merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk penyedap masakan, ternyata dibalik keharuman dan kesedapan daun ini juga mempunyai manfaat lain yaitu untuk pengobatan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, jadi hasiat ganda dari DAUN SALAM ini sambil menyedapkan sayuran juga sekaligus untuk pengobatan hipertensi.

Kandungan Daun Salam

Mengapa Daun Salam dapat mengobati Hipertensi atau tekanan darah tinggi, hal ini disebakan karena Daun Salam mengandung minyak asiri (sitral, eugenol), tanin dan flavonoida, yang sangat bermanfaat untuk mengobati Darah Tinggi, selain itu daun salam juga dapat digunakan untuk mengobati kencing manis, asam urat, mengatasi diare, gatal-gatal dan menurunkan kadar kolesterol. Bagian tanaman yang digunakan selain daun juga batang, akar dan buahnya juga dapat digunakan untuk pengobatan.

Cara Pengobatannya

1. ambil Daun salam segar sebanyak 10 lembar.

2.Daun salam dicuci, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus pada malam hari.Lakukan ini setiap hari.

Hasiatnya Untuk Pengobatan;

* Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

* Kolesterol tinggi

* Kencing manis (Diabetes mellitus)

* Radang lambung/maag (gastritis)

* Diare

Cara Pengobatan:

1. Obat Hitertensi / Menurunkan tekanan darah tinggi :
Cara ke 1:

Cuci 7-10 lembar daun salam sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Cara ke 2:

a. Siapkan 7 sampai 10 lembar daun salam kemudian di cuci sampai bersih.

b. Rebus daun salam denfgan air 3 gelas

c. Proses perebusan di hentikan ketika air kira-kira tersisa 1 gelas saja

d. Setelah air dingin lalu saring

e. Minumlah air tersebut 2 x sehari pagi dan petang, masing-masing setengah gelas.

2. Menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi :
Cara 1 :

Cuci 10-15g daun salam segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Cara 2 :

7 lembar daun salam segar + 30 g daun ceremai segar direbus dengan aor 600CC hingga tersisa 300CC. Saring dan minum selagi hangat, pagi dan sore masing2 150CC

3. Obat Asam urat :
Ambil 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa 2 gelas. Kemudian saring. Minum selagi hangat.

4. Obat gatal-gatal

Cara 1:

pemakaian Untuk obat yang diminum, minum rebusan 7-20 lembar daun segar atau daun yang telah dikeringkan.

Cara 2:

Untuk pemakaian luar, giling daun, kulit batang atau akar sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti kudis dan gatal-gatal.

5. Obat Diare :
Cuci 15 lembar daun salam segar samapi bersih. Tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih (Selama 15 menit). Selanjutnya masukkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus

6. Obat Kencing manis / Diabetes Mellitus :
Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lau rebus dalam 3 gelas air samapai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.

7. Obat radang lambung :
30g salam segar + 30g daun sambiloto kering direbus dgn 600cc air hingga tersisa 300cc air, saring, tambahkan gula batu, minum selagi hangat masing2 150cc, minum pagi dan sore.

8. Obat Sakit maag :
Daun salam segar sebanyak 15-20 lembar dicuci bersih. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh dilambung hilang.

9. Obat Mabuk alkohol :
Cuci 1 genggam buah salam masak sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, lalu air yang terkumpul diminum sekaligus

Efek farmakologis dan hasil pemakaian
1. Kromatografi gas menunjukkan minyak asiri dan salam mengandung 28 gas komponen, salah satunya eugenol. Dengan kromatografi lapis tipis disimpulkan bahwa minyak asiri daun salam terdiri dari seskuiterpen lakton yang mengandung fenol. Konsentrasi terkecil minyak asiri yang mampu menghambat pertumbuhan E.**** adalah 40%, sedangkan terhadap S.aureus sekitar 5% (Retno Sadewi,FF UGM, 1992)

2. Uji mikrobiologi dengan menggunakan metode cakram menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam dapat, menghambat pertumbuhan bakteri E.****, Vibrio cholera, Salmonella sp. tetapi Enterobacter sp. bersifat resisten. (Beni Wraman, JF FMIPA UNAND)

3. Ekstrak air daun salam memiliki efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Pada tikus penderita diabetes mellitus yang tidak tergantung pada insulin (DMTTI), sedangkan pada tikus penderita diabetes mellitus yang tergantung pada insulin tidak nampak efek hipoglikemi

sumber : http://www.obathip.com/2012/12/obat-hipertensi-daun-salam.html

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: