Tarbiayah (Pendidikan), Tauhid

Mengenal Pengobatan Ruqyah


Ruqyah adalah pengobatan dengan Al Qur’an Yang Mulia dan Hadits Nabi yang shahih, ini adalah pengobatan yang berguna dan sempurna.

“Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang lalim selain kerugian” .

 (Al Isra’ : 82).

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

 (Yunus : 57).

semua penyakit, baik penyakit hati dan badan. Jika seseorang melakukan pengobatan ruqyah dengan baik terhadap penyakitnya, yaitu mengobati dengan jujur dan iman, rela dengan pengobatan ruqyah dan yakin bahwa ruqyah adalah obat yang terbaik dengan diiringi ketaatan kepada Rabbul ‘alamin, maka selamanya suatu penyakit tidak bisa melawannya. Bagaimana suatu penyakit mampu melalawan Firman Rabb ( Tuhan ) di bumi dan di langit, dimana jika firman-Nya turun di atas gunung tentu hancur luluhlah gunung tersebut, atau kalau Ia turun di atas suatu bumi maka terbelahlah bumi tersebut.

“Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir”. (Al Hasyr : 21)

Al Qur’an telah menerangkan tentang cara pengobatan suatu penyakit, sebab-sebabnya dan bagaimana seseorang melindungi diri dari suatu penyakit.

Allah telah menyebutkan dalam Al Qur’an tentang penyakit hati dan badan (fisik) beserta pengobatannya.

Adapun penyakit hati adalah penyakit syubhat (pemikiran yang rancu) dan keraguan terhadap kebenaran, serta penyakit syahwat dan maksiat.

Dia Yang Maha Suci telah menyebutkan dalam Al Qur’an tentang macam-macam penyakit hati secara terperinci, dan menyebutkan sebab-sebab datangnya penyakit beserta cara penyembuhannya.

“Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) sedang dia dibacakan kepada mereka? Sesungguhnya dalam (Al Qur’an) itu terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman”.(Al Ankabut : 51)

Al Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata : Barangsiapa yang penyakitnya tidak disembuhkan oleh Al Qur’an, maka Allah tidak menyembuhkannya. Barang siapa yang tidak dicukupi oleh Al Qur’an maka Allah tidak mencukupinya.

Adapun penyakit fisik, maka Al Qur’an telah menunjukkan kepada pokok-pokok pengobatannya, uraiannya yang singkat dan kaidah-kaidahnya.

Kaidah-kaidah pengobatan fisik tersebut dalam Al Qur’an ada tiga macam, yaitu menjaga kesehatan (keselamatan), menjaga dari sesuatu yang mendatangkan penyakit dan membersihkan diri dari virus-virus yang merusak dan menyebabkan badan sakit.

Seandainya seorang muslim berobat dengan Al Qur’an secara benar, tentu dia menyaksikan pengaruh yang mengagumkan dalam pengobatannya, yaitu penyakitnya segera sembuh dengan izin Allah Azza Wajalla.

Macam-Macam Penyakit Dengan Pengobatan Ruqyah

  1. Orang yang kesurupan jin dengan sebab disihir atau selainnya.

Seorang yang kesurupan jin bisa diobati dengan beberapa cara :

A – Dengan dibawa ke dukun (orang pintar / para normal). Dengan pengobatan ini bisa sembuh tapi terkadang pada kesempatan lain bisa terganggu jin lagi atau tidak sembuh bahkan lebih kronis. Sebab para dukun ketika mengobatinya menggunakan kekuatan jin pula. Sehingga ketika jin yang mengganggu seseorang telah keluar dari badannya, maka jin dari dukun tersebut bisasaja masuk ke dalam tubuhnya dan mengganggunya.

Selain itu seorang muslim yang berobat ke dukun bisa menyebabkan rusak dan batal keimanannya.

“Barangsiapa yang mendatangi dukun lalu dia membenarkan perkataannya, maka dia telah kafir terhadap sesuatu yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam”. (HR. Abu Dawud, hadits shahih).

B – Dengan dibawa kepada seseorang yang memiliki tauhid yang benar dan lurus yang mampu mengobati seseorang yang kesurupan jin dengan ruqyah dan berbagai doa yang bersumber dari Al Qur’an dan Sunnah Nabi.

Pengobatan dengan ruqyah yang sesuai Syari’at Islam ini dapat menyembuhkan orang yang kesurupan jin secara total dengan izin Allah. Sebab jenis pengobatan ini adalah dengan dibacakan ayat-ayat Al Qur’an, dimana kalau ayat-ayat Al Qur’an ini diturunkan pada suatu gunung atau suatu belahan bumi, maka hancur leburlah gunung itu atau terbelahlah bumi tersebut.Bagaimana jika ayat-ayat Al Qur’an dibacakan kepada jin yang kafir yang mengganggu seseorang? Maka dengan izin Allah seseorang yang kesurupan jin akan sembuh dari gangguan jin pada tubuhnya dengan bacaan ayat Al Qur’an.

  1. Suami Istri Yang Tidak Ada Sakinah (Tidak Ada Ketenangan) Di Antara Keduanya.

Suami dan istri yang tidak harmonis dalam kehidupannya, karena suatu sebab. Mungkin karena sedang disihir salah satunya atau keduanya, atau karena sebab lain yaitu sedang menghadapi problem yang berat dan membuat keduanya tidak harmonis, maka dapat disembuhkan dengan ruqyah pula. Yaitu dibacakan ayat-ayat Al Qur’an kepada keduanya dan didoakan kepada Allah agar Dia memberi kekuatan dan jalan keluar bagi problematika keduanya.

  1. Orang Stres.

Orang stres adalah seseorang yang sedang goncang hatinya dan kacau pikirannya, maka orang stres dapat disembuhkan dengan pengobatan ruqyah pula. Yaitu dibacakan ayat-ayat Al Qur’an kepadanya dan didoakan kepada Allah agar Dia menyembuhkan dan menenangkan dirinya, sehingga dengan izin Allah menjadi sembuhlah dia.

  1. Rumah Angker.

Penghuni suatu tempat tinggal yang tidak nyaman karena merasa ada sesuatu yang ghaib mengganggunya yaitu jin atau seseorang akan menempati suatu rumah dan ingin agar mendapatkan kenyamanan dalam tempat tinggalnya, maka bisa diruqyah tempat tinggalnya, sehingga dengan izin Allah tempat tinggalnya menjadi tempat tinggal yang nyaman.

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagaimana pekuburan, sesungguhnya rumah yang dibacakan surat Al Baqarah, maka setan tidak memasukinya”. (HR. Muslim).

Tips Pengobatan Ruqyah Yang Manjur

Pengobatan ruqyah menjadi mujarab dengan dua perkara :

  1. Yang meruqyah adalah orang yang memiliki tauhid yang benar dan lurus, yang selalu menjaga ketakwaan kepada Allah.
  2. Orang yang diruqyah adalah orang yang memiliki kemantapan diri dengan pengobatan ruqyah dan tawakal kepada Allah.

Jika dua perkara ini terpenuhi, maka dengan izin Alah ta’ala sembuhlah sesuatu yang mengganggu pada dirinya.

Semoga Allah menunjuki kepada kita, sehingga kita menjadi orang-orang yang selalu kembali kepada-Nya, baik dikala kita sehat maupun sakit, amin Ya Mujibas Sa’ilin.

(Sumber : Kitab Ad Du’a Wa Yalihi Al ‘Ilaj Birruqa Minal Kitab Was Sunnah, karya : Dr. Sa’id bin Ali bin Wahab Al Qahthani)

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: