Muamalah, Tauhid

Apa yang sudah Kita Lakukan untuk Islam


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi rahman ni Rahim

Siang tadi, pada saat khutbah jumat, saya mendengarkan sebuah nasihat yang sangat menarik yang di sampaikan oleh khatib. Nasihat ini tentang seberapa jauh kita telah membela Islam. Islam lebih dari sekadar agama. Islam is not a religion, but Islam is every things. Islam adalah segalanya. Islam memberi kita kehidupan dan penghidupan. Islam adalah nama lain dari kebijaksanaan Allah SWT di bumi-Nya atau biasa disebut dengan rahmatan lil alamin. Itulah Islam, ajaran keselamatan (dunia-akhirat). Berbicara tentang Islam, Sang Khatib melontarkan kalimat retoris : “Apa yang sudah kita lakukan untuk Islam?” Seakan-akan maknanya sama dengan yang disampikan oleh John F. K. “Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan untuk negara”, tetapi kalimat retoris Sang khatib lebih mendalam dan mengena karena sudah jelas kita tidak akan menanyakan apa yang telah Islam (Allah SWT) berikan kepada kita karena niscaya kita tidak dapat menghitung nikamt Allah SWT. Jadi, apa yang sudah kita lakukan untuk Islam? Setelah Sang Khatib melontarkan kalimat tersebut, kemudian beliau memulai menceritakan kisah seorang anak belia yang usianya masih 16 tahun, tetapi tetap ngotot ikut  perang badar. Padahal perang badar adalah perang terdahsyat, perang 300 orang mukmin melawan 3000 orang musyrik.

Ibnu Sa’ad telah memberitakan dari Sa’ad ra. dia berkata “Saya menemui saudaraku Umair bin Abu Waqqash ra. sebelum kami diperiksa oleh Rasulullah SAW pada hari perang Badar, dan aku lihat Umair mencoba melarikan diri dari orang ramai. “Kenapa engkau berlari-lari begitu, hai Umair?”, kataku kepadanya. “Aku takut Rasulullah melihatku “, jawab Umair. “Ada apa kalau dia melihatmu?” “Nanti dia akan menganggapku masih kecil, dan menolakku untuk berjihad”,jawab Umair lagi. “Kalau dia tidak mengizinkan engkau berjihad, pulang sajalah!” saranku. “Tidak”, jawab Umair dengan penuh kesal. “Aku tetap ingin berjihad, siapa tahu aku dapat mati syahid”, sambungnya lagi. Apabila Umair diperiksa oleh Rasulullah SAW, benarlah dia ditolak kerana dianggapnya masih terlalu kecil. Maka Umair terus menangis, dan meminta supaya dia diperbolehkan berjihad juga, maka Rasulullah SAW pun memgizinkannya ikut berjihad. Berkata Sa’ad lagi “jadi akulah yang membawakan pedangnya, kerana dia tidak kuat membawa pedang itu. Maka betullah seperti yang diinginkannya sebelum itu, bahwa dia adalah di antara orang-orang yang terbunuh syahid di medan perang itu, dan ketika itu usianya masih muda, yaitu 16 tahun saja.
(Al-Ishabah 3:135; Maima’uz-Zawa’id 6:68)

Dari cerita di atas, himah yang dapat kita ambil adalah membela Islam wajib hukumnya. Membela Islam bukan perkara usia, bukan perkara ilmu, dan bukan perkara jabatan, tetapi membela Islam adalah perkara hati nurani. Semakin hati nurani kita penuh dengan cahaya iman dan islam sudah barang tentu badan kita akan selalu tergerak untuk membela Islam. Islam bukan  perkara sempit dalam artian hanya memperhatikan diri kita sendiri bahwa kita sudah melaksanakan rukun islam dan menegakkan rukun iman. Namun, Islam adalah perkara umat. Bagaimana umat islam akan berislam dengan tenang kalau sistem pemerintahan yang ada merongrong keimanan di setiap pemeluknya. Bagimana umat islam akan bersatu kalau kita masih saja mau diadu domba oleh musuh-musuh islam. Islam adalah satu!!! Islam tidak terkotak-kotak atas dasar negra dan suku bangsa. Islam adalah agam Allah SWT yang disampaikan oleh Muhammad SAW bin Abdullah dengan Al Quran sebagai pedomannya. Selain ini, bukan islam. Semua manusia yang bersyahdat sesuai tuntunan Muhammad SAW adalah bersaudara tidak memandang negaranya dan warna kulitnya.

Apa yang sudah kita lakukan untuk Islam??? Sudahkah sebanding dengan Umair???

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: