Website

Perbedaan Antara Joomla Template Vs Joomla Package Template


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi rahman ni rahim

Sebelum saya rehat sebentar untuk membuat pesanan media belajar dari salah seorang teman dari salah satu univ. di Semarang, saya akan mencoba berbagi mengenai fitur baru joomla 1.7. Fitur yang saya maksud di sini bukan fitur yang ada di dalam CMS joomla, tetapi lebih merujuk pada sesuatu unik yang dimiliki oleh joomla 1.7. Adalah joomla package tempalate sesuatu yang unik itu.

Sekilas joomla package template terkesan seperti template joomla pada umumnya, padahal tidak demikian. Perbedaan antara joomla template dengan joomla package template adalah struktur dan isi dari masing-masing jenis template ini juga pemasangan dari keduanya. Joomla template hanya memiliki struktur CMS, HTLM, dan kode-kode lain yang hanya terintegrasi dalam satu tema. Untuk template jenis ini, pemasangan dapat dilakukan melalui Extention manager-Install. Sedangkan untuk joomla package template tidak hanya memiliki struktur CMS, HTML, dan kode2 lain yang merupkan satu tema, tetapi juga memiliki modul, plug in, dan extention lain. Untuk pemasangannya dapat dilakukan melalui extract package template di localhost/package template (offline) atau public_html/package template (online). Jadi, dalam bahasa yang lebih sederhana, joomla package template adalah CMS joomla dalam versi lain bisa dikatakan seperti anak kembar yang memiliki warna kulit berbeda-beda.

Kelebihan dari joomla package template adalah memiliki modul dan plug in bawaan, jadi, kita tidak perlu lagi menyesuaikan modul dan plug in yang kita inginkan dengan tmplate yang sudah kita install. Kita hanya perlu memilih pacakage template yang seuai dengan hati nurani kita, kemudian memasangnya di localhost komputer kita atau di web hosting kita.

Ingin mencoba??? Silakan Pilih Tema di bawah ini (maaf hanya saya tampilkan dua tema, kalau mau lihat lebih lengkap, langsung ke TKP aja), kemudian download linknya. Ingat, ada dua jenis tema, template biasa dan package template. Download keduanya, buktikan bedanya!!!

Download template & plugin for Joomla 2.5
Download Template/plugin installer for Joomla 1.7
Download Quick Start Package for Joomla 1.7

 Download template & plugin for Joomla 2.5
Download Template/plugin installer for Joomla 1.7
Download Quick Start Package for Joomla 1.7

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

2 thoughts on “Perbedaan Antara Joomla Template Vs Joomla Package Template

  1. bagaimana cara instal paket joomla dengan file yg besar ini, krna saya instal eror terus. trims sebelumnya

    Posted by anto | November 27, 2012, 3:06 pm
    • banyak faktor yg menjadikan installasi eror. pertama pada saat proses uploading. ya silakan pilih upload langsung ke server hosting / pakai ftp. kalau dua2nya eror (tanpa mau menyalahkan server hosting) lebih baik install perpart. jadi, ekstrak dulu filenya, terus install satu per satu file yg ada. Silakan dicoba kembali

      Posted by barifbrave | November 27, 2012, 5:03 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: