Iptek, Kesehatan

Makan Apa yang pantas untuk Otak kita?


KOMPAS.comSeperti bagian tubuh yang lain, kondisi otak Anda juga mencerminkan apa saja yang Anda makan selama ini. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, otak juga bakal tidak sehat.

Asupan lemak atau kolesterol berlebihan bisa menyebabkan timbulnya plak pada arteri sehingga berimbas pada kerja otak. Untuk memelihara fungsi otak, sayangi dia dengan makanan ini.

– Air
Bahan makanan yang mudah didapat ini memiliki manfaat penting bagi otak. Fungsinya untuk mengurangi dehidrasi yang bisa membuat tubuh melepaskan hormon stres. Hormon stres yang terlampau banyak bisa menyebabkan rusaknya saraf pada otak. Jadi biasakan minum sedikitnya delapan gelas air minum per hari.

– Ikan
Makanan laut ini kaya akan asam lemak omega-3 yang baik bagi sinaps otak. Sinaps adalah bagian yang menghubungkan saraf otak dan penting untuk belajar dan mengingat. Kekurangan asam lemak omega-3 bisa memicu dan menambah risiko terjadinya demensia. Jika Anda tidak menyukai ikan, asam lemak omega-3 juga bisa didapat dari kacang-kacangan.

– Sayuran dan buah
Bahan makanan ini kaya akan antioksidan yang baik untuk otak. Buah-buahan yang kaya akan antioksidan antara lain stroberi, alpukat, anggur, jeruk, jambu biji, dan kiwi. Sayuran yang kaya antioksidan antara lain bayam, wortel, dan brokoli. Konsumsi aneka warna buah dan sayuran setiap hari sangat dianjurkan.

– Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks sangat dibutuhkan sebagai energi bagi otak supaya dapat berpikir dengan baik. Banyak terdapat dalam gandum-ganduman, sayuran, dan buah-buahan.

– Teh hijau
Salah satu alasan mengapa orang Jepang cerdas adalah kebiasaan minum teh. Komposisi yang terdapat dalam teh hijau dapat mengurangi plak dan “kotoran” yang menempel pada otak. Selain itu, minum teh hijau juga dihubungkan dengan kondisi kejiwaan yang lebih baik.

– Telur
Makanan ini mengandung kolin, senyawa lemak menyerupai vitamin B yang bisa membantu meningkatkan daya ingat.

– Natokinase
Bisa didapatkan pada kedelai yang difermentasikan. Natokinase baik untuk aliran darah dalam tubuh sehingga berpengaruh terhadap asupan darah pada otak.

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: