Renungan

Indonesia Berguncang karena Sebuah Pesan


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Innalillahi wa innalillahi ra ji’un. Telah kembali berguncang bumi Indonesia.

Wahai Sahabat, Apakah kita hanya akan meyakini bahwa bencana yang suka mampir ke Indonesia adalah sebuah fenomena alam biasa? Mengapa Sang Bencana lebih suka mampir ke Indonesia? Mungkin karena Indonesia memiliki alam yang indah dan orang-orang yang ramah.

Wahai Sahabat, jika kita meyakini bahwa bencana yang suka datang ke bumi kita ini ada andil dari Allah SWT yang Maha Pngasih dan Penyayang, kita seharusnya mampu memikirkannya mengapa Indonesia kembali diguncang bencana dan mengapa pula bencana itu hadir di bulan kemenangan, bulan Syawal. Allah itu MAha Melihat, Allah pasti telah melihat bagaimana kita, orang Indonesia selama satu bulan ini berpusa. Allah juga pasti sudah melihat bagaimana kita telah saling memaafkan, tetapi mengapa Allah menimpakan gempa bumi di bulan ini?

Wahai Sahabat, tanpa kita harus salaing menuding, mari kita sama-sama mencoba untuk menghisab diri kita sendiri sebelum Allah yang menghisab kita. Sudah benarkah pusa yang kita lakukan selama bulan Ramadhan ini? Jangan-jangan ada hal yang terlupa sewaktu kita menjalani ibadah puasa Ramadhan. Sebenarnya kita tidak boleh terlalu yakin bahwa amal ibadah yang kita lakukan telah diterima Allah dan akan membawa kita ke surga-Nya Allah karena bukan amal ibadah kita yang akan membawa kita ke surga-Nya Allah, tetapi rahmat Allah lah yang akan membawa kita ke surganya Allah. Patut kita tanyakan kepada diri kita sendiri : Bagaimana jika surga dan neraka itu tidak pernah ada, masihkah kita mau beribadah kepada Allah?

Sahabat, Allah selalu menyayangi kita. Hanya saja terkadang kita sulit membaca kasih sayang Allah itu. Kita terbiasa memahami kasih sayang Allah setelah apa yang Allah berikan kepada kita. Itulah Fitrah manusia. Akan tetapi, kita tidak boleh bersembunyi dibalik fitrah kita untuk menyatakan ketidakmampuan kita.

Oleh karena itu Sahabat, mari kita sama-sama berpikir apa yg selama ini telah kita lakukan. Jika memang ada sesuatu yang kita lupakan saat kita berpuasa di bulan Ramadhan, catat di selembar kertas atau sebuah buku agar kita dapat mengingatkan kita di Ramadhan tahun depan (semoga kita masih diijinkan untuk bertemu dengannya). Sahabat, yang dapat kita lakukan sekarang adalah mohon ampunan Allah atas dosa-dosa kita dan marilah kita sama-sama perbaiki akhlak kita. Jika kita mau perbaiki akhlak kita, Insya Allah bukan tidak mungkin, Allah akan merubah wajah Indonesia dan bencana akan sedikit demi sedikit beranjak dari negara kita. Amin

Ya Rahman, Ya Rahim. Curahkanlah Maaf Engakau untuk dosa-dosa kami. Ampunilah dosa-dosa kami, Ya Rahim. Kami ikhlas atas apa yang Engkau berikan kepada kami. Ijin kami ya Rahim untuk selalu berdoa kepada Engkau agar Engkau menjadikan negara kami negara baldatun tayibantun wa Rabbul Ghofur. Amin.

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

One thought on “Indonesia Berguncang karena Sebuah Pesan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: