Muamalah, Tauhid

Jihad???


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana setiap amalan wajib dilipatgandakan dan amalan sunah dihitung sebagai amalan wajib. Subahanallah, Allah sangat menyayangi makhluknya sampai – sampai Allah memberikan satu bulan khusus untuk makhluknya untuk sebanyak-banyak mungkin mengambil berkah yang Allah limpahkan ke dunia ini.

Ada satu harapan bagi semua umat Islam di bumi ini khususnya umat Islam Indoneisa pada Ramadhan tahun ini. Harapan itu adalah Allah membuka tabir terorisme yang selama ini menjadi duri dalam daging bagi Islam yang membuat semua orang memandang buruk Islam karena mereka, para teroris selalu mengatakan bahwa tindakan yang mereka lakukan adalah jihad, padahal Islam adalah satu – satunya agama rahmatan lil alamin, agama yang membawa keselamatan bagi seluruh alam yang bersifat universal. Tidak mungkin Islam, agama yang membawa keselamatan mengajak untuk berbuat anarkis sampai menghilangkan nyawa manusia. Apa yang salah?

Di sini ada dua kata kunci yang penting, “Jihad” dan “Rahmatan lil alamin“. Menurut Kepala Badan Litbang dan Pendidikan dan Latihan Departemen Agama, HM Atho Mudzhar dalam ceramah menjelang buka puasa di Istana Negara, konsep jihad yang sebenarnya adalah bersungguh-ungguh. Jika kita perluas pernyataan beliau tentang jihad ini, kita akan dapati bahwa jihad tidak selalu berarti perang karena ketika kita bersungguh-sungguh dalam belajar, beribadah (puasa misalnya), berdakwah, dan berbakti kepada orang tua itu sudah bernilai jihad. Beliu juga menambahkan bahwa jihad yang berarti perang harus memiliiki tiga syarat penting. Pertama, bertemunya dua pasukan yakni pasukan Islam dan musuh Islam. Kedua, negeri Islam diduduki bangsa lain, seperti di Palestina atau di Iran pada saat penjajahan Amerika Serikat pada masa Rezim George W. Bush. Ketiga, Imam atau pemimpin Negara memerintahkan jihad seperti pada zaman Kekhalifahan Islam yang berekspansi sampai ke Romawi dan Persia. Beliau juga menjelaskan makna Islam sebagai rahmat yaitu berarti jalan keselamatan, kemaslahatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan manusia di dunia sampai di akhirat. Selain itu Islam sebagai agama rahmatan lil alamin juga berarti bahwa Islam adalah agama universal, agama bagi seluruh umat manusia yang intinya jika semua orang menerapkan hukum-hukum Islam dalam kesehariannya tidak akan ditemukan kecacatan pada hukum-hukum Islam itu.

Dari urain di atas, sangat jelas bahwa Islam tidak mungkin memerintahkan pemeluknya untuk bertindak anarkis samapai menghilangkan nyawa manusia karena Islam diturunkan sebagai jalan keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh alam. Jika para teroris membenarkan perbuatan mereka dengan mengatakan apa yang mereka lakukan adalah jihad, mereka salah besar dan pemahaman mereka akan jihad sangat sempit. Ingatlah, semua orang dapat berjihad karena jihad bermakna bersungguh-sungguh dan jihad yang paling baik untuk masa sekarang adalah bersungguh-sungguh untuk menyelamatkan negara ini dari kehancuran dengan iptek dan imtak serta bersungguh-sungguhlah untuk membahagiakan orang tua karena keduanya adalah harta kita yang tiada tara.

Kesimpulannya adalah Islam agama yang membawa keselamatan dan kesejahtaraan serta jauh dari kekerasan.

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: