Inspirasi, Renungan

Kita dan Indonesia Seharusnya Meniru Ikan-Ikan yang Hidup di Laut


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Sahabat, pernahkah jalan-jalan ke laut? Pernah manyelam ke laut? Indah bukan?

Laut. Anugrah Allah kepada makhluk-makhluknya khususnya ikan dan manusia. Allah memberikan laut kepada kita adalah tanda kasih sayang-Nya kepada kita. Allah sangat sayang kepada kita sehingga menurunkan laut. Dengan adanya laut, di bumi ini akan tetap ada air sebagai sumber kehidupan bagi kita. Dengan adanya laut pula siklus air akan tetap berjalan sehingga kadar air di bumi akan tetap (tidak pernah habis).

Di dalam laut Allah juga menciptakan beragam makhluk yang dapat kita manfaatkan dari hanya sekadar pelengkap lauk ataupun hiasan untuk kekayaan. Makhluk yang paling dapat kita manfaatkan dari laut adalah ikan. Sahabat pernah makan ikan? Enak bukan? Akan tetapi, pernahkan Sahabat berpikir mengapa ikan itu tidak asin ketika kita ambil dari laut padahal ikan itu ada di laut?

Marilah Merenung

Sahabat, marilah kita berpikirlah sebagaimana yang Allah perintahkan dalam Al Quran agar kita selalu memikirkan baik itu nikmat ataupun semua yang Allah ciptakan di bumi ini. Sahabat, kita semua tahu bahwa laut itu asin, tetapi mengapa ikan di dalamnya tidak ikut asin? Apa filosofi di dalamnya? dan apapula maksud Allah dari fenomena ini? dan apa pesan Allah dari kejadian ini?

Sahabat, jika kita umpamakan dunia sekarang ini sebagai latan dan kita sebagai ikan-ikannya, mungkin maksud Allah adalah “Janganlah kita mengikuti gaya hidup yang dibuat-buat manusia yang sudah sangat bobrok dan merusak moral karena kita punya budaya sendiri, budaya Islam dan jika kita orang Indonesia, bukankah budaya Indonesia begitu menjaga moral dan sangat indah? Janganlah kita tergantung pada kondisi di sekitar kita karena kitalah yang menentukan hidup dirikita sendiri

Selain itu, mungkin fenomena ini bisa menjadi inspirasi bagi kita yang merantau ke daerah lain. Misal kita orang Indonesia dan mendapat kesempatan belajar di luar negeri (amin) yang notabene budayanya lebih “terbuka” dan “bebas” maka pesan ikan laut untuk kita adalah “Hiduplah di luar negeri dan carilah ilmu sebanyak-banykanya, tetapi INGATLAH kamu orang Indonesia dan harus tetap memilii jiwa Indonesia dan budaya Indonesia.”

Waallahualam bi shawab. Itulah hasil renungan saya. Semoga hal ini dapat menjadi penyemangat bagi Sahabat. Sebagai penutup, saya ingin mengatakan

You have to manage Your Destiny!!!

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

4 thoughts on “Kita dan Indonesia Seharusnya Meniru Ikan-Ikan yang Hidup di Laut

  1. bener bos, harus tetap mengingat budaya indonesia walaupun berada diluar negeri😉

    Posted by wahyu am | August 12, 2009, 7:02 am
  2. barifbrafe, ini jawaban pertanyaan Anda di blog saya:

    asal kita bisa mengakses file sistem dan menaruh file favicon.ico di sana berarti bisa. BTW yang muncul di situ adalah favicon, bukan gravatar.

    Posted by Agus Suhanto | August 14, 2009, 6:53 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: