Sastra

Rumahku = Surgaku


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Rumah? Bait? Home?

Apakah sebenarnya makna kata-kata di atas?

Semua orang pasti tahu kat-kata di atas. Semua berarti suatu tempat yang dapat dijadikan perlindungan baik dari teriknya matahari ataupun dari tusukan air hujan. Akan tetapi, apakah semua rumah sama? Tidak. Marilah kita bandingkan rumah-rumah gaya timur tengah dan Indonesia. Di Timur tengah, rumah-rumah mereka cenderung berbentuk kotak. Sedangkan di Indonesia berbenruk limas. Mengapa demikian? Di Indonesia curah hujan sangat tinggi sehingga jika menggunakan rumah bermodel seperti di timur tengah, tanpa drainase yang baik, atap rumah itu akan rubuh karena tidak kuat menampung banyaknya air hujan. Sedangkan sebaliknya, jika di Timur Tengah, rumah bergaya Limas, maka atap rumah tidak akan kuat melawan badai gurun pasir. Walaupun di Indonesia menggunakan rumah yang berbentuk Limas, tetapi bentuknya berbeda-beda. Seperti rumah Gadang dan Joglo. Atapnya berbeda. Selain bernilai estetis berbeda, atap-atap itu juga memiliki fungsi masing-masing di setiap daerah.

Biasanya, sebelum membangun rumah, kebanyakan orang berimajenasi bagaimana rumah idaman mereka karena rumah adalah surga bagi penghuninya. Impian orang akan rumah biasanya sangat ditentukan dengan latar belakang budaya, pendidikan, dan khayalan mereka.

Jika saya diblehkan untuk menghayal sebuah rumah, saya akan memilih rumah yang dibangun di tanah yang luas kurang lebih tiga hektar kemudian rumah saya akan saya hadapakan ke Utara. Satu hektar pertama akan saya buat taman. Di tengah-tengah taman akan saya buat kolam ikan yang ada air mancurnya. Jarak satu meter ke selatan, akan saya dirikan tiang bendera Merah-Putih. Di taman, akan saya tanami dua pohon Mangga Arummanis yang saya bentuk seperti gapura. Kemdian di sebelah selatan bagian timur akan saya tanami pohon cemara. Sebagai resapan air hujan, taman saya akan saya tumbuhi rumput Jepang (seperti di lap. Sepak bola).  Selain itu, di dekat kolan akan saya tanami bunga mawar dan melati sebagai pembiasan warna yang ada di atasnya. Keselatan lagi, pada dua hektar ke-dua akan saya dirikan rumah saya. Rumah saya akan saya bangun berlantai tiga. Menghadap ke Utara,  agar pada saat matahari terbit saya dapat melihat senyumnya di sebelah Timur dan melihat semangatnya di sebelah Barat. Pada lantai pertama, akan saya bangun garasi di sebelah Barat, Ruang tamu utama di tengah dan Agak menjorok kedepan, ruang tamu ke-dua di sebelah kanan ruang tamu utama dan sejajar dengan garasi. Di lantai ini, akan saya buat tiga buah kamar tidur dengan toilet dalam, satu ruang keluarga, dapur, ruang makan, kamar mandi dan tempat wudhu serta mushola. Kamar pertama, mushola, kamar mandi dan temapat wudhu berada di belakang garasi. Kamar ke-dua dan ketiga serta dapur berada di belakang ruang tamu ke-dua. Sedangkan ruang keluaga dan ruang makan, berada di belakang ruang tamu utama. Lantai dua akan saya bangun Perpustakaan, ruang komputer, kamar mandi untuk mencuci pakaian dan tempat menjemur pakaian. Untuk perpustakaan berada pada setengah area rumah sebelah kanan. Untuk satu per empat bagian kiri depan akan saya bangun ruang komputer dan di belakangnya kamar mandi dan tempat jemuran. Lantai tiga akan saya bangun laboratorium teknik kimia dan taman kecil yang berisi bunga Mawar, Melati, Rosela, dan buah anggur serta apel. Ketiga lantai ini akan dihubungkan dengan anak tangga yang berawal dari mushola, perpustakaan dan taman. Belakang rumah akan saya tanami apotik hidup dan tanaman buah sepetri pisang, pepaya, rambutan, dan durian. Sungguh asri rumahku. Rumahku adalah surgaku.

Bagaimana dengan rumah Sahabat?

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

