Sastra

Noken, Budaya Pemilu di daerah Papua


Assalamualaikum w. w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Sahabat, tahukah Sahabat dengan istilah noken? Apa itu? Makanan kah? Bukan makanan Sahabat, tetapi ini sebuah sistim. Sistim apa itu? Penasaran? Ok, silakan baca artikel saya berikut ini.

Sebagaimana pada daerah-dareah di Indonesia lainnya, pada 8 Juli kemarin, di Yahukimo dan Jayawijaya, Papua juga  menyelenggarakan pemilu, tetapi ada yang berbeda di daerah ini. Perbedaannya adalah sistim yang digunakan. Pada beberapa temapat di daerah ini menggelar pemilu dengan sistim noken atau tas kantong tradisional. Sistim noken adalah sistim dimana pemilih yang telah mencontreng, baik dicontreng sendiri atau dicontrengkan petugas (sesuai pilihan pemilih sendiri tentunya), memasukkan surat suara ke salah satu dari ketiga noken yang mempresentasikan ketiga pasangan calon presiden-wakil presiden.

Pemilu dengan sistim ini terjadi di TPS Eroma 1, TPS Obolma 1 dan 2, serta TPS Anyelma 1 dan 2. Walaupun sama-sama menggunakan sistim noken, model pelaksanaan di setiap TPS berbeda. Di TPS Eroma 1 misalnya. pemilih menyatakan pasangan calon yang dipilih di depan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Salah satu petugas KPPS lalu mencontreng surat suara, seperti pilihan pemilih. Pemilih memasukkan surat suara dalam noken. Stetelah pemungutan, perolehan suara langsung dihitung di hadapan pemilih. Ada juga yang surat suaranya dihitung secara tertutup oleh lurah setempat, seperti di TPS Obolma 1 dan 2 misalnya. Selain itu, ada juga yang menggunakan cara lain dengan keunikan tersendiri, yaitu langsung menyusun berita acara sebelum menghitung suara sehingga KPPS belum mengetahui perolehan suara untuk masing-masing calon karena suara dihitung belakangan seperti di TPS Anyelma 1 dan 2.

Memang Indonesia sangat kaya akan berbagai kebudayaan sampai pemilihan suarapun Indonesia memiliki keunikan tersendiri di setiap dareah. Semoga keunikan dan budaya ini senantiasa menjadi pengerat tali persaudaraan antara warga negara Indonesia. Indonesia adalah negara yang besar. Siapa pun yang menang nanti, Indonesia harus tetap jaya! MERDEKA!!!

sumber : Kompas, Kamis 9 Juli 2009

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: