Iptek

RX-420 Wajah Baru Bangsaku


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Sahabat, ditengah krisis image bagi Indonesia – suatu krisis dimana Indonesia dianggap negara miskin yang lemah dan tidak beradab – ada kabar gembira yang layak didengar oleh seluruh warga negara Indonesia agar kembali bangga kepada bangsa sendir. Apakah kabar gembira itu?

Kabar gembira itu datang dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang alhamdulillah telah berhasil mengorbitkan roket RX-420 untuk pertama kalinya pada 2 Juli 2009 di Instalasi Uji Terbang Roket di pantai selatan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. RX-420 merupakan cikal bakal roket peluncur satelit.

Peluncuran roket disaksikan Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman, Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Marzan A Iskandar, Sekretaris Menko Kesra Indroyono Susilo, perwakilan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Departemen Pertahanan, TNI dan Polri, PT Dirgantara Indonesia, serta PT Bukaka.

Menurut Kusmayanto Kadiman, RX 420 pada dasarnya memiliki daya jangkau yang lebih tinggi mencapai 190 kilometer seandainya struktur roket bisa dibuat lebih ringan.

“Daya jangkau roket ini bisa kita ibaratkan bila diluncurkan dari Jakarta bisa menembus Bandar Lampung,” kata dia. Rencananya, uji coba akan dilanjutkan pada 2010 dengan roket yang diluncurkan merupakan gabungan dari RX 420-420 dan 2011 giliran gabungan 420-420 – 320 dan SOB 420. Pada 2014 seluruh uji coba peluncuran roket selesai dan roket siap mengantarkan satelit dengan nama Nano Satelit dengan ketinggian 300 kilometer dan kecepatan 7,8 kilometer perdetik. “Uji coba akan terus dilanjutkan hingga 2014 dan seluruh roket siap mengantarkan Nano satelit,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Lapan, Adi Sadewo, mengatakan, sebelumnya Lapan juga melakukan uji coba peluncuran roket dua tingkat RX-150/120 dengan bekerjasama dengan Lapan, TNI-AD dan PT Pindad. Roket dengan daya jangkau 24 kilometer tersebut berhasil diluncurkan dari wahana bergerak (Panser) pada 31 Maret 2009.

Lapan juga telah melakukan uji coba peluncuran roket RX D230 (RX122) dengan daya jangkau 14 kilometer dapat diluncurkan dengan launcher tabung. Roket berdaya jangkau 10 kilometer yang berfungsi untuk mengetahui kondisi lapangan sebelum seorang marinir diterjunkan itu diuji coba peluncurannya pada 5 Mei 2009.

Selain itu, kerja sama pembuatan roket dengan beberapa lembaga lainnya juga tengah dikembangkan yaitu, roket penangkal petir untuk melindungi fasilitas penting dan roket untuk membuat hujan buatan.

Sahabat, selain peluncuran Roket RX-420 juga diluncurkan dua roket RX-100 yang digunakan menguji subsistem payload roket buatan Lapan.

“Kami mendapat seluruh parameter data pada 10 detik pertama roket mulai terangkat hingga melesat ke udara,” ujar Adi Sadewo. Berdasarkan golden data itu bisa dibuat rekonstruksi perilaku terbang roket dengan rasio kesalahan 5 persen.

Sahabat, tidak berhenti di sini saja usaha Lapan. Rencananya, uji coba roket juga akan dilanjutkan pada 2010 dimana roket yang diluncurkan merupakan gabungan dari RX 420-420 dan 2011 giliran gabungan 420-420 – 320 dan SOB 420. Semoga sukses Lapan, amin.

Nah gimana??? Indonesia negara hebatkan???

sumber : http://sains.kompas.com

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: