Psikologi

Konsep Diri


Assalamualaikum w.w.

Bismillah hi Rahman ni Rahim

Sahabat, apa kabar? Saya harap Sahabat selalu dalam limpahan Allah SWT yang Maha Agung pencipta alam semesta, Penguasa langit dan bumi.

Mungkin ada beberapa sahabat yang langsung bisa menebak apa yang ada dalam posting saya ini. Bagi Sahabat yang menekuni disiplin ilmu psikologi dan atau Sahabat yang selalu berkecimpung dalam orgasisasi pasti tidak asing degan judul yang saya paparkan di atas. Untuk Sahabat, yang belum tahu atau belum jelas, ijinkan saya untuk menjelaskannya.

Sebenarnya apa konsep diri itu?

Konsep diri adalah salah satu cara bagi kita untuk lebih mengenal diri kita sendiri. Sahabat pasti tahu alasan mengapa kita harus mengenal diri kita sendiri kan? Yupz, karena hanya degan mengenal diri kita sendirilah kita dapat melejitkan potensi diri kita dan kita akan lebih cepat mencapai cita-cita atau impian kita, Insya Allah.

Sahabat, konsep diri dibagi menjadi tiga, yaitu

1. Aku diri

Aku diri adalah “aku” menurut diri kita sendiri.

2. Aku Sosial

Aku sosial adalah “aku” menurut orang lain.

3. Aku Idela

Aku ideal adalah “aku” menurut apa yang kita inginkan (“aku” dalam cita-cita kita)

Lantas, bagaimana kita dapat mengentahuinya?

Bertanya. Dengan bertanya Sahabatku. Marilah bertanya pada diri kita, teman kita, dan Tuhan kita.

Apa yang harus kita tanyakan?

Sahabat, setiap kategori “aku” memiliki pertanyaan yang berbeda. Marilah kita lihat satu per satu.

1. Aku diri

Sahabat tanyakanlah pada hati kecil Sahabat beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Bagaimanakah watak saya?
  • Apa kelemahan saya?
  • Apa kelebihan saya?
  • Apakah penampilan saya menarik?
  • Apakah tubuh saya kuat dari penyakit?……………… dijawab dengan jujur y🙂

2. Aku sosial

Sahabat tanyakanlah pada teman Sahabat beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Apakah Kamu menyukai saya?
  • Bagaimanakah diri saya?
  • Jika detik ini saya mati, apakah Kamu akan senang atau sedih?

3. Aku idela

Sahabat tanyakanlah pada hati kecil Sahabat beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Jika aku sekarang diijinkan menjadi seseorang, seseorang spt siapa?
  • Mengapa?

Setelah semua pertanyaan dijawab, Sahabat bisa menganalisis siapa Sahabat sebenarnya dan yang terpenting adalah apakah teman-teman Sahabat itu, menyukai Sahabat atau tidak!

Semoga bermanfaat🙂

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

