Website

Tutorial_Illustrasi 3D USB Melayang di Udara


Kali ini gw share hasil belajar gw, tema tutorial tetep experimental dan belum pernah gw bikin sebelumna

Kalo sebelumna gw bikin flash disk dengan 2D, kali ini gw bikin dengan 3D, tentuna tidak semudah membuat objek 3D di Maya atow 3D Max.

Preview hasil akhir na, bwat penyemangat kalian :))

tertarik kan bwat nyoba ???

Seperti biasa puter musik lu sekeras keras nya, hilangkan stress !! hilangkan beban pikiran !!! hilangkan semua yang mbikin ruwet di otak lu pada !!!

Buka Mesin Photoshop Lu… !!! bwat dokumen baru ukuran 1000 x 1000 px, background putih dan DPI na 300 pixel/inc

huoke, siapkan marquee tool na, bikin bidang seleksi, dengan Fixed size : 100 x 240 px, dan gunakan mistar guide bwat mbikin batasan setelah seleksi terbentuk

Sebelumna hilangin seleksi na dolo dengan [CTRL+D], bikin layer baru kasi nama layer “front b”

ambil shape tool, dengan mode: Fill Path.

Pencet [CTRL+T] dan Trasnform Rotate 30 derajat ke kiri. Sikat !!!! Tombol [ENTER] na wkwkwkwwkwk :))

kembali [CTRL+T] kali ini pilih gunakan Skew -30 derajat, kembali HAJAR !!! tombol ENTER na, hihi :))

Lu boleh trasform Rotate dan Skew sekaligus, cuman hasilna ujung shape jadi rada pecah

Sekarang duplikat layer front b atow [CTRL+J], geser sekitar 30 pixel ke kanan (atow satu kali [SHIFT+Panah ke kanan] )

Ubah nama layer hasil duplikat menjadi front a

Kasi gradasi bwat layer front a, dengan warna gradasi dari #3a3a3a ke #a8a8a8

perhatikan perpotongan kedua ujung atas dan bawah, ambil tool poligon lasso, bwat menutupi bidang yang masih terbuka, dan kasi warna sama, pada layer front b

kasi gradasi juga bwat layer front b gunakan gradasi sedikit metal untuk layer front a

pencet [CTRL+Click] pada layer front a, geser seleksi na ke kanan sesuai ukuran flash disk yg ada di imajinasi lu, bikin layer baru namanya “back-side”. Tros kasi warna grey agak muda

haha, masih lom jadi juga, ya iyaaalaaahhh kan lom apa apa, masih panjang mbro… !!!

bikin layer baru, dibawak front b, kasi nama layer body.

ambil poligon lasso tool, bikin bidang seleksi mengikuti petunjuk berwarna orange. Tros [CTRL+Click+SHIFT] pada layer back-side, nah jadi seleksi keseluruhan body bakalan kaya gini

kasi warna sama grey juga

untuk sementara hidden aja layer back-side na (hilangkan ikon mata pada layer back-side).

selanjot na, kasi gradasi ke gini bwat body na:

dengan menggunakan move tool, klik dan drag arah gradasi na biar sesua intensitas terang gelapna, catatan: teknik klik dan drag move tool ini digunakan saat jendela layer style aktif

lanjot, [CTRL+Click] pada layer back-side yg lu hidden tadi, tros geser ke kanan 30 px, bwat layer baru dengan nama back-stroke, tros kasi warna orange

dengan cara sebelumna, edit bagian ujung yang masih terbuka dengan poligon lasso tool, tentuna dengan warna yg sama

kasi style gradient overlay juga bwat layer back-stroke

sekarang kita bikin highlight na, bwat layer baru namana highlight, pake line tool, dengan w: 8 px dan warna putih

kasi Filter > Blur > Gaussian Blur, dengan radius: 4.5 px

kite bakalan ngilangin bagian nyang lebihna, [CTRL+Click] pada layer body, tros [CTRL+SHIFT+I] atow Select > Invers, pencet [DELETE] bwat ngapus bagian lebih na

[CTRL+Click] juga pada front b, dan HAJAR !!! tombol [DELETE] na

Bikin layer baru di atas layer body, dengan nama layer “reflection”

ambil gradient tool, reset gradasina make pencet tombol [D]. tarik gradasi bebas dari kiri ke kanan pada seluruh area canvas

Pilih menu Images > Adjustments > Curves, kasi setting curve kaya gini:

Trasform Rotate layer reflection 30 derajat ke kanan

[CTRL+Click+SHIFT] pada layer front a, back-side, dan body. tros [CTRL+SHIFT+I] dan HAJAR [DELETE] na

ni hasil na

Ubah blending mode na menjadi overlay dan opacity tetep 100 %

hapu dengan eraser tool, pada bagian samping yang keliatan na terlalu gelap akibat penerapan blending mode overlay

bwat layer baru namana plug, di atas layer highlight, dan [CTRL+Click] layer front ana, tros Trasnform Selection (Select > Transform Selection) menjadi lebih keci ldari layer front a

kasi warna grey muda

duplikat layer na dan geser ke kiri, ni bwat objek plug USB na

ulangi langkah sebelumna bwat mbikin body na

kasi gradasi transparent dari kiri atas ke kanan bwah

untuk refleksi na pake cara sebelumna juga

dengan gradasi metal, dari kiri kanan, dan transform rotate 30 derajat ke kanan

seperti biasa, hilangkan bagian lebih na dengan select invers dan delete, dan ubah blending mode na menjadi screen, opacity: 80 %

hapus bagian yang terlalu gelap

bwat hightlight na juga dengan ukuran 2 pixel

kasi blur juga, carana sama persis dengan mbikin highlight sebelumna

slanjotna bikin layer baru lagi, namana kali ini terserah lu dah

kasi gradasi trasparent hitem

sekarang bikin shadow item untuk bagian atas dalem na: pake poligon lasso tool

delete bagian luar na make select invers kaya tadi, dan kasiin blur, sesuaikan dengan selera lu

bikin lempengan putih na, ni bwat element PCB pada USB na

delete bagian luar na

untuk body dalem na pake poligon lasso tool juga, kasi warna grey agak terang, delete lebihna

preview hasil sementara

jimane pegel kan pinggang lu, hihi, gw aja pegel nih tengkuk na…

lanjot yak!!

sempurnakan bagian ujung na, make poligon lasso tool

Bikin kotak hitam bwat lubang plug USB na, bisa make marquee tool, kasi warna item, nama layer na “slot”

trasnform skew 30 derajat

duplikat layer slot, pencet [CTRL+U] ubah warna na menjadi putih, dan geser 1px ke kanan, hapus setengah bagian dari slot duplikat yg berwarna putih

merge kedua layer slot, dan duplikat hasil merge na, sejajarkan biar lurus

kasi text bwat label USB na

trasform skew juga 30 derajat, dan kasi drop shadow dikit

woke, group semua layer sebelumna ke dalam satu layer group

duplikat group na, dan geser ke bawah … ni bwat refleksi 3D na, kasi text juga yah

tros download USB Sign na disini dlu, untuk objek USB bayangan di bawahna

Konsentrasi pada USB BOTTOM (refleksi 3D na)

kopi paste gambar USB sign ke dalam area kanvas USB BOTTOM, dan perkecil, sesuaikan arahna

Vlip Vertical USB Sign na

Blok semua layer ujung plug, dan Trasform 180 derajat

nah lu atur dah biar objek na ga berseberangan

edit bagian ujung na, tambal make warna yg sama

tht’s good brother

woke, saat na me merge masing masing layer group, USB TOP dan BOTTOM, tapi saran gw asli na jangan di merge, mending lu duplikat ulang keduana, ni bwat master desgin USB na

dan trasform hasil merge na, bersamaan, rotate na -30 derapat (ke kiri)

sejajarkan pososi USB bwah na

untuk USB refleksi 3D yg bawah, gw kasi blur, radius: 3px

dan kurangi opacityna menjadi 40 %

ambil poligon lasso tool, bwat bikin bayangan gelap, diantar kedua USB

kasi warna gelap, dan kasiin juga blur

kurangi opacity shadow na menjadi 30 %

terakhir kasi tau tmen2 lu, bwat gabugn disini, biar bisa beljar bareng hihi,… :))

alna akhir2 ini gw sedih, kanapa tmen2 yg pada baca tuts gw cuma sekedar mampir dan liat dowank, komen kek apa kek, jangan diem ajah

hoke brother !!!!

© Copyright 2008 www.dremi.info
Original Post: Illustrasi 3D USB – Melayang di Udara Category: Interface

About the Author: dr.emi is a free man to distribute anything that he was founded. As a Webmaster He was publishing www.dremi.info to create one community that loves free idealism. Very specialy in Design Category. Welcome to love it!

About barifbrave

Bismillah, Rising Star Moslem Legend, Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Tulisan

Arsip per Bulan

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui e-mail.

Join 1,985 other followers

%d bloggers like this: